Ulasan Chromecast dengan Google TV

Salah satu perangkat streaming nyata pertama saat ini adalah Google Chromecast, yang menggunakan pendekatan baru untuk memberi Anda akses nirkabel ke konten berbasis internet di TV non-pintar biasa. Perangkat tidak memiliki antarmuka pengguna atau kendali jarak jauhnya sendiri, tetapi saat digunakan dengan smartphone atau tablet yang kompatibel, Anda dapat dengan mudah mengalirkan konten berkat protokol “Casting” Google. Sejak itu, perangkat streaming menjadi jauh lebih kuat dan, dalam banyak kasus, memiliki fungsi independen dan kendali jarak jauh khusus.

Di situlah Chromecast baru dengan Google TV hadir. Diluncurkan secara global pada tahun 2020, perangkat streaming mandiri ini menampilkan antarmuka pengguna Google TV yang baru dan lebih baik, serta baru-baru ini tersedia di India. 6.399. Dengan faktor bentuk yang nyaman, remote control khusus, dan kemampuan streaming HDR Ultra HD, apakah ini perangkat streaming terbaik yang dapat Anda beli saat ini? Cari tahu di ulasan ini.

Chromecast dengan Google TV, seperti namanya, menampilkan UI Google TV yang lebih baru dan lebih berpusat pada konten

Chromecast dengan desain dan spesifikasi Google TV

Tidak seperti perangkat yang jauh lebih besar seperti Mi Box 4K atau Amazon Fire TV Cube (Generasi ke-2) yang perlu diletakkan di atas meja, Chromecast dengan Google TV jauh lebih kecil dan lebih ringan serta dapat digantung dengan aman dari TV Anda saat tersambung ke koneksi HDMI .

Meskipun perangkat ini tersedia dalam berbagai pilihan warna di seluruh dunia, di India Anda hanya dapat membelinya dalam warna “Salju”. Perangkat streaming saat ini tersedia di Flipkart, tetapi Google telah mengonfirmasi bahwa itu juga akan dijual di toko ritel offline dalam beberapa minggu mendatang.

Chromecast dengan Google TV berbentuk oval dan datar, dengan kabel karet padat yang tersambung ke konektor HDMI pria di satu ujung dan konektor USB Type-C untuk daya di ujung lainnya. Termasuk dalam paket penjualan adalah kabel USB Type-A ke Type-C dan adaptor stopkontak. Ini adalah cara yang disarankan untuk menyalakan Chromecast. TV tertentu mungkin hanya dapat menyediakan daya dari port USB melalui kabel, tetapi ini biasanya merupakan metode yang kurang dapat diandalkan.

Perangkat ini mendukung streaming hingga Ultra HD (3840 x 2160 piksel) pada 60 bingkai per detik dan mendukung konten rentang dinamis tinggi dalam format Dolby Vision, HDR10+, dan HDR10. Ada juga dukungan Dolby Atmos saat digunakan dengan TV atau sistem speaker yang kompatibel. Untuk konektivitas eksternal, WiFi dual-band dan Bluetooth didukung.

Chromecast dengan remote dan fitur Google TV

Apa yang membuat Chromecast dengan Google TV spesial adalah remote control-nya. Ini adalah perangkat kecil berbentuk tangan yang menggunakan dua baterai AAA (termasuk dalam paket penjualan). Ini hanya memiliki beberapa tombol, termasuk papan arah, tombol kembali dan beranda untuk navigasi, hotkeys untuk YouTube dan Netflix, tombol untuk membuka Google Assistant, dan tombol volume di sebelah kanan.

Bentuk remote yang melengkung memudahkan untuk dipegang, dan tombol volume yang dipasang di samping mudah dijangkau tanpa harus menggeser genggaman Anda. Ada emitor IR untuk mengontrol perangkat yang terhubung seperti TV dan soundbars, plus Bluetooth untuk mengontrol Chromecast itu sendiri dan menyiarkan perintah suara ke Asisten Google.

Chromecast dengan Google TV Tinjau Jarak Jauh Google

Remote Chromecast dengan Google TV memiliki hotkey untuk Netflix dan YouTube

Berkat dukungan HDMI-CEC perangkat, saya hanya dapat mengontrol fungsi dasar seperti pengaturan daya dan volume di TV dan soundbar yang terhubung menggunakan remote control Chromecast. Ini tidak memerlukan pengaturan tambahan dan bekerja dengan sempurna selama pengujian saya. Selain Asisten Google, Chromecast juga memiliki fungsi pengecoran klasik dari perangkat pendahulunya.

Chromecast dengan perangkat lunak dan kinerja Google TV

Chromecast dengan Google TV berjalan di Android TV 10, dengan UI Google TV di atasnya. Antarmuka pengguna yang baru dan lebih baik ini diperkenalkan dengan Chromecast pada tahun 2020, tetapi sejak saat itu telah tersedia untuk perangkat TV Android lainnya, termasuk Sony TV dan Realme 4K Smart Google TV Stick. Keuntungan terbesar TV Android dibandingkan dengan TV pintar dan platform perangkat streaming lainnya adalah jumlah aplikasi yang tersedia; Google Play Store memiliki lebih dari 5.000 aplikasi yang dirancang khusus untuk layar TV.

UI Google TV berbeda dari UI Android TV stok asli karena memberikan fokus yang lebih kuat pada rekomendasi konten dan juga menggantikan aplikasi Google Play Film dan TV sebelumnya dengan pembelian dan persewaan langsung di UI. Aplikasi dan game di Google TV sama seperti di antarmuka lama karena didasarkan pada perangkat lunak inti Android TV.

Kurasi dan rekomendasi konten di Google TV menarik, dengan spanduk besar yang menampilkan film dan acara TV yang menurut algoritme akan Anda nikmati. Ini diurutkan ke dalam baris yang berbeda berdasarkan genre, tema, dan konten seperti judul yang mirip dengan yang sudah Anda lihat. Beberapa dari seri ini cukup unik dan kreatif; Saya mendapat rekomendasi antara lain untuk “Shows Set in Los Angeles”, “Movies Nominated for an Academy Award for Film Editing”, dan “Monsoon Hits”.

Chromecast dengan peringkat Google TV mendukung Google

Chromecast dengan Google TV mendukung streaming Ultra HD dan HDR

Dari layanan langganan saya, Google TV terintegrasi dengan Netflix, Amazon Prime Video, Apple TV dan Apple TV+, dan Disney+ Hotstar untuk menyarankan konten. Ini dibuat untuk campuran rekomendasi yang hebat, dan dengan nyaman, antarmuka menampilkan peringkat Rotten Tomatoes untuk hampir semua rekomendasi. Masuk akal, antarmuka memprioritaskan cara termudah dan paling hemat biaya untuk menonton setiap judul. Jika memungkinkan, itu merujuk saya ke layanan langganan saya untuk menonton film atau acara tertentu secara gratis.

Performa sebenarnya di Chromecast dengan Google TV sebagian besar bebas masalah bagi saya. Konektivitas stabil dengan koneksi WiFi rumah 5GHz dan semua aplikasi serta konten dimuat dengan cepat tanpa masalah. Streaming juga mulus, karena koneksi internet saya yang kuat memastikan konten langsung dialirkan dalam Ultra HD dan HDR bila tersedia, atau beralih ke resolusi dan format yang lebih tinggi dalam hitungan detik.

Biasanya, Chromecast melakukan streaming dengan Google TV pada resolusi dan rentang dinamis terbaik yang tersedia, dan secara andal menyelaraskan gambar dengan setelan asli konten tertentu. Namun, perangkat tersebut memiliki tombol yang menarik di menu pengaturan untuk memaksa Ultra HD dan Dolby Vision untuk semua konten. Ini membuat UI terlihat lebih baik dan lebih tajam, dan tampaknya meningkatkan warna bahkan dengan konten rentang dinamis standar Full HD dengan memaksa TV saya yang kompatibel dengan Dolby Vision untuk menggunakan pengaturan gambar spesifik tersebut.

Dakwaan

Perangkat streaming biasanya ada untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang sangat spesifik; Entah TV Anda yang ada tidak memiliki konektivitas pintar dan belum siap untuk menukarnya, atau Anda tidak menyukai cara kerja konektivitas pintar bawaan TV Anda. Chromecast dengan Google TV bekerja dengan cukup baik dan Anda tidak akan mengalami masalah dengan perangkat lunak dan pengalaman pengguna yang luar biasa. Fakta bahwa itu memerlukan penyiapan dan penyesuaian minimal dan bekerja dengan sangat baik langsung dari kotak membuat saya semakin menyukai Chromecast.

Ini sedikit mahal, tetapi berfungsi persis seperti yang seharusnya dan saat ini dapat berfungsi dengan sebagian besar format audio dan video utama. Jika Anda lebih mahir di Alexa, mungkin ada baiknya mempertimbangkan Amazon Fire TV Stick 4K Max, tetapi Chromecast dengan Google TV diarahkan ke Asisten Google dan berfungsi dengan baik dengan fitur intinya.

Harga: Rp 6.399

Keuntungan:

  • Bentuk dan ukuran yang nyaman
  • Kontrol jarak jauh yang sangat baik
  • Dukungan untuk Ultra HD, Dolby Vision, dan Dolby Atmos
  • Sangat mudah diatur dan digunakan

Kekurangan:

Ulasan (dari 10):

Desain dan spesifikasi: 9
Fitur: 8
Nilai untuk uang: 6
Keseluruhan: 8


Tautan afiliasi dapat dibuat secara otomatis – lihat Pernyataan Etika kami untuk detailnya.

Leave a Comment